Bangkai Pesawat MH370 Boleh dilihat di Google Earth?


Bangkai Pesawat MH370 Boleh dilihat di Google Earth?






Ada puing MH370 di Google Earth? (Mike Chillit)


Liputan6.com, Perth - Selama bertahun-tahun para penyelidik menyisir Samudera Hindia, untuk menemukan keberadaan Malaysia Airlines MH370 yang hilang secara misterius pada Sabtu 8 Maret 2014. Namun, pesawat itu tak kunjung ditemukan.

Hanya beberapa puing yang diduga kuat bagian dari kapal terbang nahas itu yang 'dimuntahkan' lautan.


Namun, seorang penyelidik independen mengaku menemukan sejumlah puing melalui aplikasi Google Earth.

Ahli statistik asal Amerika Serikat, Mike Chillit mengamati perairan antara Pulau Saint Brandon, sekitar 430 kilometer dari Mauritius -- enam bulan setelah kapal terbang Negeri Jiran itu menghilang.

Ia memposting serangkaian gambar pada situsnya dan Twitter pada Senin 28 November 2016, yang menunjukkan sejumlah objek yang diyakininya sebagai Boeing 777 yang mengangkut 239 orang itu.

Chillit mengombinasikan kemungkinan posisi puing-puing, pengetahuannya soal arus dan temperatur, untuk mempersempit lokasi pencarian.

"Saya belum mencoba menggunakan Google Earth untuk mencari ini sebelumnya, selain Reunion di mana teradapat penampakan puing seminggu sebelum flaperon ditemukan (pada Juli 2015)," kata Chilllit, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (28/11/2016).






Puing MH370 diduga menampakkan diri di Google Earth



Semua puing sejauh ini ditemukan di pantai timur Afrika, dekat Madagaskar dan Mozambik. Menurut Chillit, Saint Brandon belum pernah diperiksa.

Analisis ilmiah memperkirakan, teritip mulai menempel di flaperon -- yang tumbuh di perairan yang lebih hangat daripada di wilayah pencarian saat ini.

Chillit yakin, Malaysia Airlines jatuh lebih jauh ke utara daripada zona pencarian saat ini. Ia menyampaikan petisi kepada PM Australia Malcolm Turnbull untuk memindahkan area pencarian.

Ia juga mencoba menggalang dana untuk pencarian privat di dekat Batavia Seamount dan Zenith Plateau, di lepas pantai Exmouth.

Chillit juga berusaha mengontrak perusahaan khusus pencarian laut dalam, Williamson and Associates untuk mencari MH370, namun gagal. "Aku berusaha untuk tidak terlalu serius. Namun, ini sangat berharga untuk diinvestigasi," kata dia.

Biro Keamanan Transportasi Australia saat ini mempersiapkan naskah laporan pencarian yang menyarankan 'redefinisi' area pencarian.

Namun, tak ada dana tersedia untuk penyisiran di luar zona pencarian saat ini yang luasnya 12 ribu kilometer persegi. Pemerintah Malaysia, China, dan Australia tak akan mendukung pendanaan hingga ditemukan bukti baru yang meyakinkan.


ads

close

iklan bawah